Kostum-Kostum Spiderman Yang Unik

Kostum-kostumnya diberbagai seri komik, beberapa merupakan transformasi mutasi-gen nya… dan karena keunggulan komik Spider-Man menggambarkan betapa Peter Parker juga adalah manusia biasa yang juga bisa mengalami kesulitan, beberapa kostumnya menjadi agak konyol

Kostum-kostum Klasik

Original Costume:
Terlepas dari interpretasi seni, kostum klasik ini telah bertahun-tahun muncul di awal penampilan Spider-Man. Detailnya adalah jaring laba-laba dibawah lengannya dan ukuran serta bentuk matanya.
Classic Costume:

Tampilan klasik dari Steve Ditko, ia menampilkan jaring yang lebih besar di bawah lengan Spider-Man yang berubah dari waktu ke waktu dan dari artis ke artis (artis = yang menggambar)
Another Classic Costume:

Mungkin ini adalah yang paling klasik dari yang paling klasik, di tampilkan di cover Amazing Fantasy #15. Gambar ini di buat oleh John Byrne dengan ukuran jaring di bawah lengan yang lebih kecil.
Black & Red Costume:

Varian minor, dimana warna biru digantikan dengan warna hitam.
Beberapa artis seperti Erik Larsen dan John Byrne menggunakan variasi ini dari waktu ke waktu. Alasan seni adalah alasan nomor satu dalam perubahan kostum Spider-Man sejak semula.
Kostum-kostum Perubahannya
Alien Simbiote Black Costume:

Kostum terbaru Spider-Man di Amazing Spider-Man #252 dan ditampilkan pertama kali di Secret Wars #8. Spider-Man mencoba untuk mengganti kostum lamanya dengan yang baru yang diciptakan dari teknologi asing. Ia salah memilih dan substansi asing berwarna hitam meliputi seluruh tubuhnya dan menjadi “kostum” nya. “Kostum” ini mampu memproduksi jaring laba-laba yang tidak terbatas dan sampai edisi Spider-Man #258 Reed Richards menemukan bahwa “kostum” ini adalah mahkluk hidup asing. Simbiote asing ini pertama kali muncul setelah keluar dengan paksa dari tabung kontaimen-nya dan menemukan korban pertamanya (sebelum Spider-Man), seorang pria tidak bernama di Indiana dalam Spectacular Spider-Man #99. Dan kemudian pada akhirnya menemukan “tuan’ nya Eddie Brock dan kemudian berubah menjadi Venom
Regular Black Costume:

Komik Spectacular Spider-Man #99 menjelaskan kostum hitam pertama non-simbiote yang dijahit oleh Black Cat untuk Spider-Man untuk digunakan. Peter menolak pada awalnya, dan kemudian memakainya dengan terpaksa dalam Amazing Spider-Man #263 karena kostum yang biasa ia gunakan belum kering sehabis dicuci . Ia memakainya secara bergantian antara kostumnya yang hitam dengan yang biasa ia kenakan sampai Simbiote tersebut menyatu dengan Peter Parker. Hubungan dengan Simbiote ini berakhir di Web of Spider-Man #1 saat simbiote ini menyatu dengan Eddie Brock. Peter setelahnya tidak memakai kostum hitam ini lagi karena istri nya, Mary Jane, trauma dan takut akan kostum itu dan Venom.
Armor Costume:

Spiderman memakai kostum ini hanya di komik Web of Spider-Man #100, dan hanya di komik ini saja. Peter menciptakan kostum ini untuk membantunya mengalahkan The New Enfocer di dalam terbitan tersebut. Kostum ini melindunginya dari spora-mutant Plant Man sebagai mana melindunginya juga dari suhu temperatur yang ekstrem oleh semburan Dragon Man, Eel, dan Thermite. Setelah itu kostum ini tidak pernah terlihat lagi.
Ninja Costume:

Spider-Man menambahkan beberapa ikatan kain untuk menutupi robekan di kostumnya pada Spectacular Spider-Man #213 & #214. Hal ini membuat tampilan layaknya ninja saat menghadapi Typhoid Mary / Bloddy Mary.
Insulated Costume:

Penampilan lainnya di Amazing Spider-Man #425, Spider-Man menggunakan kostum yang ter-insulated untuk melindunginya dari efek yang buruk saat melawan Electro dan energi listrik nya. Kostum ini agak mirip dengan yang dipakainya di Spectacular Spider-Man #66 dimana ia menggunakan matras bekas yang terbuat dari karet untuk menciptakan kostum insulated pertamanya, tentu saja untuk melawan Electro
Cyborg Costume:

Dalam 2 terbitan, Spider-Man #21 & #22, dimana seorang pria bernama Oscar McDonnel memberikan Spider-Man rangka cyborg saat tangannya patah. Rangka cyborg ini menjadikan tangannya berfungsi seperti biasa dan menyembuhkan lengannya dengan lebih cepat sementara ia bertarung dengan The Sinister Six.
Octo Costume:

Di Funeral For An Octopus #2, Spider-Man memakai peralatan yang dipakai Dr Otto Octavius sebagai Doctor Octopus. Dia tidak bisa mengontrolnya dan menjadi liar sampai akhirnya ia terbebas di Funeral For An Octopus #3.
Unlimited Costume:

Pada Webspinners #13 & #14, Spider-Man diperkenalkan dengan kostum baru seperti yang ditayangkan di animated series nya. Diceritakan bahwa Spider-Man melawan Carnage dan Blastaar di Negative Zone. Juga diperlihatkan kembalinya Simbiote Carnage ke Cletus Kasady saat mereka kembali ke Bumi.
Civil Wars:

Kostum ini dipakai semasa perang sipil antar sesama Superhero di dunia Marvel. Diceritakan bahwa kubu Superhero terbagi dua antara Pro-Registrasi dan Contra-Registrasi, dimana pihak yang Pro (diwakili oleh Iron-Man) mengharuskan Superhero didaftar oleh pemerintah dengan syarat identitas mereka diungkap ke publik. Kubu Contra-Registrasi (diwakili oleh Captain America) menolak dengan keras karena dengan terbukanya identitas pribadi Superhero maka orang-orang terdekat mereka tidak akan aman lagi dimana musuh-musuh mereka akan mengincarnya demi balas dendam.

Kostum ini merupakan dibuat oleh Tony Stark khusus untuk Peter Parker karena Peter telah mempublikasikan dirinya didepan pers dengan mengakui bahwa selama ini ia adalah Spider-Man. Kostum ini sepenuhnya cybernetic / mekanik, bukan seperti kostum-kostum lamanya selama ini.
Kostum-kostum Homemade
Wrestler:

Kostum pertama Peter Parker, di Amazing Fantasy #15. Peter menggunakan kostum ini untuk menutupi identitasnya saat mencoba untuk memenangkan hadiah $100 bagi siapa saja yang bisa bertahan di ring selama 3 menit melawan Crusher Hogan. Setelah kejadian meninggalnya paman Ben, kostum legendaris merah dan biru / hitam tercipta.
Costume Shop:

Spider-Man membutuhkan kostum dan sangat membutuhkannya di Amazing Spider-Man #26, dan ia mendapatkannya di sebuah toko kostum sebelum bertempur melawan Crimemaster dan Green Goblin… Terlihat kesempitan kan…
Costume Shop II:

Topeng Spider-Man terlepas saat melawan Doctor Octopus di Amazing Spider-Man #113… Topeng tersebut kemudian berada ditangan Randy Robertson yang lalu diberikan ke ayahnya, Joe, dan akhirnya ditangan J. Jonah Jameson di Daily Bugle. Spider-Man membutuhkan topeng, lalu ia pergi ke toko yang dulu pernah ia singgahi dan menemukan topeng Spider-Man (duplikat / mainan) tanpa penutup mata. Di gambar kelihatan seperti seseorang memberikan titik dimatanya dan di terbitan #114 saat ia melawan Hammerhead ia juga mengenakan Exo-Skeleton yang dulu pernah dipakai oleh Doc Ock.
Bag Man:

Amazing Spider-Man #258 adalah terbitan dimana Spidey menemukan bahwa kostum hitamnya hidup. Dan juga merupakan terbitan dimana ia tidak memiliki kostum sama sekali, sementara kostum hitamnya sedang di test oleh Mister Fantastic (Reed Richards, F4), dengan bantuan Human Torch, ia memiliki kostum baru untuk sementara: Kostum Fantastic Four dengan kantung kertas coklat untuk menutupi wajahnya
Black Scarlet Spider:

Ditengah-tengah cerita Mark of Kaine, Peter menggunakan sisa-sisa dari kostum hitam lamanya untuk menciptakan kostum sementara di Spider-Man #58. Tampilannya seperti kombinasi dari kostum Scarlet Spider dan Kostum Hitam nya.
Transformasi Spidey
Six Arms Spidey:

Spider-Man memiliki tambahan 4 tangan diakhir terbitan Spider-Man #100 dimana Peter mencoba membuat obat sekali lagi untuk menormalkan dirinya menjadi manusia biasa kembali. Setelah meminumnya Peter berhalusinasi dan terkejut karena ia memiliki extra 4 tangan lagi. di Amazing Spider-Man #101 ia bertempur melawan Morbius dengan Lizard ikut meramaikan acara di Amazing Spider-Man #102. Tambahan 4 tangan tersebut hilang disaat akhir dari Trilogy tersebut (#100-#102).
Spider Hulk:

Ditengah-tengah pertarungan melawan Hulk di Web of Spider-Man #69, Spider-Man tersambar oleh Biokinetic Energy Absorber dimana molekulnya sama dengan yang ada di tubuh Hulk. Tentu saja ini berarti Radiasi Gamma dalam skala besar dan Spidey siap merusak sekitarnya… Setidaknya hanya sementara di Web of Spider-Man #70
Spider Carnage:

Setelah melawan Carnage di Amazing Spider-Man #410, Ben Reilly terkejut saat mengetahui Carnage menghilang ditengah-tengah reruntuhan. Ia kemudian menemukan dan menambah rasa terkejutnya: Simbiote yang pernah melekat dengan Cletus Kasady menyukai Reilly, melekat padanya dan Spider Carnage terlahir… Ben berjuang untuk lepas dari pengaruh Carnage di SpiderMan #67 dan tidak sampai edisi Spectacular Spider-Man #233 ia lepas dari pengaruh tersebut dan Carnage kembali Ke Kasady.
for Spider Lizard:

Diakhir edisi Spectacular Spider-Man #39, Spider-Man berubah menjadi mahkluk yang menyerupai salah satu musuh besarnya, The Lizard. Di Spectacular Spider-Man #40, diketahui sementara Spider-Man menyembuhkan Curt Connors dengan sinar yang merubah Connors menjadi Lizard, Spider-Man menyerap feedback radioaktif tersebut dan berpengaruh ke aliran darahnya. Spider-Man sembuh setelah Connors menyuntikan serum ke pembuluh darahnya.
Spider-Phoenix:

Excalibur menjadi bintang tamu di Spider-Man #25 dan mereka saling membantu bersama Phoenix untuk melawan Arcade. Setelah memberikan nafas buatan (C.P.R) ke Phoenix, Spider-Man tiba-tiba mendapatkan kekuatan yang sama dengan Phoenix dan menjadi Spider-Phoenix.
Cosmic Spiderman:

Spider-Man pertama kali memiliki kekuatan kosmik (seperti Silver Surfer) di Spectacular Spider-Man #158 dari Captain Universe. Walaupun hanya semetara, kekuatan itu membantu Spider-Man dengan mudahnya menaklukan musuh-musuh kelas berat seperti Magneto, Hulk, Tri-Sentinel, Goliath, dan lainnya.
Tidak ada Peter Parker disini, kostum-kostum ini dipakai oleh orang lain
Scarlet Spider:

Ben Reilly membutuhkan identitas baru dan kostum baru dan sementara Spider-Man yang asli masih eksis, Spider-Man baru telah lahir. Web of Spider-Man #118 adalah edisi perdana dimana Ben memakai kostum homemade untuk pertamakali sampai ia harus menyerahkan identitasnya karena penampilan dari Cybernetic Scarlet Spider di Web of Spider-Man #3. Kostum ini ia dapatkan dari toko kostum dan Ben sendiri yang mendesain kombinasi warna dan penampilannya.
Ben Reilly – Spiderman:

Kostum pertama Ben Reilly saat ia menjadi Spider-Man setelah menjadi Scarlet Spider. Ini menjadi debutnya di Sensational Spider #0 sementara Ben membuat identitas bagi dirinya setelah mengetahui bahwa ia adalah Spiderman yang asli…. Sesuatu yang nanti akan diketahui bahwa hal itu tidak benar.
Spiderman 2099:

Miguel O’Hara, spesialis dalam bidang genetika di Alchemax, membuat debutnya pertama kali di Amazing Spider-Man #365 dan kemudian mempunyai komiknya sendiri sebanyak 46 seri yang mengambil setting 100 tahun dari seri regular Spider-Man.
Spiderman 2211:

Siapa jagoan ini? Hanya ada dua seri saja untuk mencari tahu: Spider-Man 2099 Meets Spider-Man dan kemudian Spider-Man #1/2
Dapat dipastikan ia adalah hero dari masa depan yang memakai nama Spider-Man.


Satu lagi pria penuh misteri yang tampil pertama kali di halaman komik Earth X dan tampil juga di One-Shot Universe X Spidey. Sedikit diketahui dari karakter ini tapi pastinya ia memiliki hubungan dengan Peter Parker.

Another Costumes:
for Spiderman India:
sumber

Posted on October 18, 2010, in Unik. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. nanda cornelis

    gooodddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddddd dah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: