Perjalanan Sebuah Botol Menyeberangi Samudra Atlantik


Sebuah pesan datang dari seseorang yang tak dikenal dari seberang samudera, sebuah pesan dalam botol yang berhasil membawa dua orang dari negara yang berbeda berkomunikasi satu sama lain.

Tahun lalu April 2009, seorang siswa SMA bernama Corey Swearingen meletakkan sepucuk surat di dalam sebuah botol yang disegel dan menjatuhkannya di Samudra Atlantik, pantai Florida.

Apa yang dilakukan oleh Swearingen adalah sebuah eksperimen untuk sekolah. Dalam surat tersebut, ia menghimbau siapapun yang menemukan botol itu untuk menghubungi dia dan membiarkan dia tahu di belahan dunia mana botol itu muncul. Hebatnya, seseorang menemukannya.

Adam Flannery (kiri, 17 tahun) dari Irlandia, sedang berlibur bersama ayahnya, Stephen Flannery, ketika ia menemukan pesan dalam botol milik Corey Swearingen.

Sekitar 16 bulan setelah botol tersebut dilepaskan di laut lepas, guru ilmu kelautan Swearingen menerima pesan dari seseorang di Irlandia. Surat itu telah melakukan perjalanan melintasi Samudera Atlantik dan terdampar di tepi sebuah desa nelayan kecil, County Clare, pantai barat Irlandia, ditemukan oleh seorang anak 17 tahun Adam Flannery dan ayahnya Stephen Flannery saat liburan keluarga di sana. Daripada mengandalkan pasang surut air laut untuk membalas pesan tersebut, mereka menanggapinya dengan mengirim pesan melalui email, yang mejelaskan dengan rinci lokasi botol tersebut terdampar. Dalam sebuah wawancara dengan FloridaToday.com, Swearingen mengatakan bahwa ia tidak pernah menyangka pesan dalam botol tersebut yang akan ditemukan. Lebih lengkap baca di sini.

Memang sangat menakjubkan botol tersebut bisa berhasil menghadapi rintangan panjang dari Florida ke Irlandia. Tapi sebenarnya kejadian itu bukanlah yang pertama sebuah pesan dalam botol bertahan mengarungi perjalanan berbahaya.

Pada tahun 2009, sebuah botol yang berisi pesan terdampar di pantai Inggris, yang dilempar ke perairan dekat Bahama hampir lima tahun sebelumnya. Luar biasa. Lain halnya dengan botol yang dikirim oleh Emily Hwang. Botol Hwang melakukan perjalanan hanya sejauh 1.735 mil dari Seattle ke Alaska, tapi butuh waktu yang menakjubkan yakni selama 21 tahun untuk melakukannya.

Bahkan ada kasus pesan dalam botol membantu sebuah keluarga menemukan kehidupan baru. Pada tahun 1979, Dorothy dan John Henry Peckham menjatuhkan pesan dalam botol di Samudra Pasifik saat berada di kapal pesiar. Hebatnya, botol tersebut menemukan takdirnya di Asia Tenggara di mana ia dijemput oleh seorang berumur 31 tahun, Hoa Nguyen Van.

Nguyen membalas pesan dalam botol tersebut kepada Peckham dan mereka mulai berkomunikasi satu sama lain. Yang menarik adalah John Henry Peckham akhirnya membantu Hoa Nguyen Van dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat. So sweet!

Anda sering jalan-jalan ke pantai? Jika anda menemukan sebuah botol yang terdampar di pantai, pastikan botol tersebut benar-benar kosong, siapa tahu di dalamnya ada sebuah pesan yang akan mengubah hidup anda!

 

sumber

Posted on October 15, 2010, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Suatu saat pengen nyoba juga ah..membuat message in a bottle :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: